Anak Nikah Siri Bisa Dapat Akta

Sumber (Radar Cirebon, 07/03/2011). Mungkin ada sebagian masyarakat yang belum  mengetahui, kalau anak hasil perkawinan siri dan anak diluar nikah bisa dibuatkan akta kelahiran. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Drs.H.Dadang Tresnayadi MM melalui Sekdis Ir H. Yadi Junuryadi menegaskan, selama ini memang untuk permohonan dua jenis akta kelahiran itu masih sangat rendah.

Sehingga dari Disdukcapil pun belum begitu maksimal untuk mensosialisasikannya. Namun masyarakat sendiri sebenarnya sudah mengetahui kalau anak diluar nikah dan anak hasil kawin siri bida dibuatkan akta kelahiran. “Kami akan terus melakukan sosialisasi masalah akta bagi anak hasil kawin siri dan diluar nikah ini”. Ungkapnya.

Dijelaskan bedanya dengan akta kelahiran anak hasil perkawinan resmi adalah, kalau anak hasil kawin siri ataupun diluar nikah tidak dicantumkan nama bapaknya. “Dan di dalam akta kelahiran pun hanya tercantum sebagai pengakuan anak. Untuk lebih lanjut, masyarakat bisa datang langsung ke Disdukcapil”. Terangnya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s