PEMBERDAYAAN MAJELIS TAKLIM

Lemahabang, 14/10/2010, Seminar Pemberdayaan Majelis Taklim  dengan tema Revitalisasi Fungsi dan Peran Majelis Taklim dalam Pembangunan Keagamaan di Kecamatan Lemahabang, diselenggarakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Lemahabang dan Penamas  pada tanggal 14 Oktober 2010 bertempat di Lemahabang. Hadir pada acara tersebut Sudirna MM (Kepala Seksi Penamas Kanmenag Kab Cirebon), Memed (Kepala Seksi Kesra Kec. Lemahabang), dengan narasumber Apip Juhyono, S.Ag (Penyuluh Agama Kec. Lemahabang) dan dibuka oleh Ali Wahyuddin, S.Ag selaku Kepala KUA Kec. Lemahabang. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Majelis Taklim se Kecamatan Lemahabang sejumlah 66 MT yang telah memiliki NSMT (Nomor Statistik Majelis Taklim) atau izin operasional MT dan pada acara tersebut diserahkan NSMT kepada masing-masing Majelis Taklim.

Dalam sambutannya Kepala KUA mengatakan bahwa Keberadaan  majelis taklim yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah maupun kementerian agama . Keberadaan majelis taklim harus mendapat pengakuan dengan mendapatkan NSMT Nomor Statistik Majelis Taklim sebagai legal formal keberadaan majelis taklim. Khusus di wilayah Kecamatan Lemahabang KUA mendesain agar keberadaan Majelis Taklim lebih berdaya dengan mencoba mendesain dari sisi kelembagaan, tenaga pengajar, bahan ajar, serta kurikulum agar lebih memiliki daya saing dibandingkan dengan lembaga pendidikan non formal lainnya.

Kepala Seksi Penamas dalam arahannya menekankan agar majeli taklim terus tetap barada dalam jalan lurus yaitu berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah, sebab aliran-aliran sesat keagamaan yang beberapa waktu lalu berkembang di Lemahabang yaitu Hidup Dibalik Hidup (HDH) juga dikembangkan dengan payung Majelis Taklim. Ditegaskan pula bahwa dengan Majelis Taklim memiliki NSMT maka eksistensinya diakui oleh Kementerian Agama sehingga ketika Mejlis Taklim membutuhkan bantuan dana maka yang sudah ber NSMT saja yang bisa diproses dan endapat prioritas, walaupun hingga saat ini kuota bantuan untuk MT dari kementerian Agama pertahunnya sangatlah minim, hanya 2 MT untuk satu kabupaten pertahun.

Lebih lanjut mengenai grand strategi pengembangan Majelis Taklim di Kecamatan Lemahabang dikemukakan oleh Penyuluh Agama Islam. Terbagi menjadi 3 program :

Pertama : Jangka pendek : A. Verifikasi pemutahiran data Profile majelis taklim.  B. Majelis Taklim sebagai penyedia calon kafilah MTQ tingkat Kabupaten Cirebon  dari kecamatan lemahabang. Kedua : Jangka menengah. A. Pembuatan data base tenaga pengajar, B. Pembuatan Database Pengelola, C. Penyusunan sumber ajar, D. Penyusunan Bahan ajar dengan klasifikasi : Akidah-Akhlak, Al-Qur;an Hadits, Ibadah Syariah ( Fiqh). E. Majalisul Ijtima’ (Bahtsul Masa’il). Ketiga : Program jangka panjang. A. Opini pengembangan dan pemberdayaan MT dengan penyediaan sumber ajar, peningkatan tata administrasi MT meliputi Database Jama’ah dan pemetaan latar belakang sosial budaya jama’ah serta peningkatan kualitas pengelolaan.

3 responses to “PEMBERDAYAAN MAJELIS TAKLIM

    • Reuni Diklatpim tahun depan tuan rumah Kab Kuningan pak Uud dkk, waktu menyusul. sekarang masih di Lemahabang. Gimana kabar temen lain, yg sy tahu yg udah promo baru Aip maptuh jadi kasie pekapontren ciamis.

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Kabar gembira untuk Ikhwan dan Akhwat serta para Penuntut Ilmu .
    Telah ditemukan Metode baru untuk menerjemah Alquran, hanya dalam waktu 8 jam insya Allah bisa ..! Metode Granada sistim 4 langkah yang ditemukan oleh Ust.Solihin Bunyamin ,Lc .
    Mudah dipelajari praktis dan sistematis .
    Mari kita tingkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa Alquran khususnya , Bahasa arab Umumnya .
    http://www.kamus-alquran.com
    ( 021-60621771 / 08129194349 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s