TEMU KONSULTASI KEPENGHULUAN

Sumber-08/08/2010, Forum Komunikasi  Kepala KUA Kabupaten Cirebon (FK3C) dan Kelompok Kerja Penghulu (Pokjahulu) melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon berinisiatif mengundang pemangku kebijakan dibidang kepenghuluan untuk berdialog dan bertukar informasi seputar permasalahan KUA dengan dasar bahwa selama ini banyak masalah  yang tak bisa terselesaikan dengan peraturan yang ada saat ini. Melalui Bidang Pembinaan Sumber Daya Manusia FK3C yang diketuai Drs.H. Djafar Shodik telah menginventarisir sekitar 60 pointer  permasalahan baik menyangkut segi peraturan perundangan maupun fiqh munakahat serta lintas sektoral dengan Pengadilan Agama yang perlu dicarikan solusi melalui kegiatan yang dibingkai dengan nama TEMU KONSULTASI KEPENGHULUAN.

Acara ini diselenggarakan pada hari Ahad, 8 Agustus 2010 bertempat di Aula masjid Agung Sumber dihadiri oleh Kepala KUA, Penghulu, Calon Penghulu dan Forum P3N kabupaten Cirebon dengan pembicara utama Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Dr.H. Rohadi Abdul Fatah, M.Ag dan Kasubdit Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA Drs.H. Mashudi, M.Si.

Dalam pengantarnya Direktur Urais dan Binsyar mengantarkan makalah yang berjudul “Strategi Pengembangan dan Dinamika KUA Di Masa Depan”. Inti dari makalah beliau menekankan pada upaya peningkatan dan penguatan internal KUA dengan meningkatkan SDM melalui Musabaqah Qiroatul Kutub bagi Kepala KUA, menghidupkan kembali diklat CPPN yang pesertanya direkrut dari lulusan Sarjana Syariah terbaik dari IAIN/UIN.

Lebih lanjut secara tehnis dijabarkanoleh kasubdit bahwa saat ini sedang dilakukan upaya penyesuaian biaya nikah yang saat ini sebesar Rp. 30.000 akan disesuaikan dengan nominal sebesar 250 s/d 500 ribu dilihat dari rata-rata biaya nikah yang selama ini berjalan dengan komponen meliputi biaya pendaftaran, biaya pencatatan, biaya pelaksanaan termasuk didalamnya transport untuk pelaksanaan diluar balai nikah dan diluar jam dinas. Diusulkan untuk dapat ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah dan pengelolaannya tetap mengacu kepada pengelolaan berdasarkan APBN melalui PNBP NR.

Disinggung pula tentang eselonering kepala KUA yang diusulkan kenaikannya menjadi eselon 3A dan Kepala Urusan Tata Usaha serta posisi Pembantu PPN yang menurut wacana akan masuk dalam struktur KUA sebagai Pelaksana dengan pertimbangan bahwa semua kegiatan Instansi pemerintah harus dilakukan penatalaksanaannya oleh aparatur pemerintah bukan oleh pegawai diluar aparatur . Kedepan P3N tetap bertugas mewilayahi desa masing-masing tetapi statusnya ditingkatkan menjadi Aparatur Kementerian Agama.

Waktu yang terlalu sempit untuk membahas keseluruhan pointer permasalahan tak memungkinkan un tuk terjawab keseluruhannya. Ini baru pertama kami turun ke daerah langsung disodori setumpuk permasalahan KUA, begitu seloroh pak direktur. Namun respon kami tersebut sedikit banyak menjadi bahan bagi penyusunan kebijakan dan peraturan tentang perkawinan bagi pemangku kebijakan dan kami menunggu tindak lanjut dari pointer usulan kami. Rencana Revisi PMA 11 tentang pencatatan perkawinan setidaknya akan membawa perubahan bagi terselenggaranya pencatatan perkawinan yang lebih valid dan lebih banyak mengadopsi berbagai aturan yang selama ini belum tersentuh hukum seperti pencatatan perkawinan bagi kedua pasangan pengantin warga negara Asing (saat ini baru ada fatwa MA), pencatatan perkawinan yang dilaksaakan di luar negeri, rivalitas asas domisili dan wilayah dalam pencatatan perkawinan, penyederhanaan formulir dan blanko, serta perlu adanya pedoman substantif fiqh munakahat selain yang diatur dalam Kompilasi Hukum Islam sebagai pedoman bagi penghulu dalam memahami Masailul Fiqhiyah seputar munakahat. Perlu juga digagas upaya bahstul masail khusus Munakahat dengan melibatkan ulama dan cendekiawan/kampus dan hasilnya bisa dijadikan sumber rujukan bagi KUA.

Aldin/la-2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s