Usulan BPIH Turun 39 Dolar

Ongkos Haji Diusulkan Turun 39 Dolar AS

www.metrotvnews.com Sosbud / Sabtu, 3 Juli 2010 05:11 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Agama mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1431 H/2010 turun sebesar US$ 39. Tapi pelayanan jemaah haji tetap ditingkatkan, seperti pemondokan semakin dekat dengan Masjidil Haram.

“Kementerian Agama telah mengusulkan penurunan BPIH sebesar 39 dolar Amerika Serikat (AS) per jamaah,” kata Kepala Pusat Informasi Keagamaan dan Kehumasan Kementerian Agama (Kemenag) Drs. H. Masyhuri AM, M.Pd di Jakarta, Jumat.

Walaupun pembahasan BPIH antara pemerintah dan DPR yang hingga kini belum tuntas namun “kementerian Agama sangat berkepentingan untuk segera menyelesaikan pembahasan BPIH karena penetapan BPIH berpengaruh terhadap persiapan penyelenggaraan haji baik di tanah air maupun di Arab Saudi,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan jalannya rapat Panja BPIH yang sempat mendapat protes dari Komisi VIII DPR. “Rapat itu bukan rapat kerja yang harus dihadiri oleh Menteri Agama, dan memang Menteri Agama tidak mendapat undangan untuk menghadiri rapat. Sesuai dengan undangan rapat Panja tanggal 30 Juni 2010 yang diundang oleh Panja BPIH Komisi VIII DPR RI adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Agama selaku Ketua Panja BPIH Pemerintah,” jelas Masyhuri.

Namun pada rapat panja tanggal 26 Juni 2010 Sekretaris Jenderal bersama Direktur Jenderal PHU telah mengajukan izin secara lisan dalam forum tersebut bahwa pada rapat berikutnya tanggal 30 Juni 2010 akan diwakili oleh pejabat eselon II.

Hal itu dikarenakan Sekretaris Jenderal dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) bersama Menteri Agama melaksanakan tugas ke Arab Saudi dalam rangka menyiapkan kunjungan Presiden RI di Arab Saudi.

“Panja BPIH Kementerian Agama memiliki komitmen dan semangat yang sama dengan Panja BPIH Komisi VIII DPR RI untuk segera menyelesaikan pembahasan BPIH 1431H/2010,” imbuh Masyhuri.

Ditambahkan, pemerintah pada musim haji tahun ini telah berusaha meningkatkan kualitas pelayanan pemondokan di Mekkah 62 persen berada di ring I dan jarak pemondokan terjauh 4 Km, sedangkan pada tahun lalu hanya 27% pemondokan berada di ring I dan jarak pemondokan terjauh 7.000 Km.

Seperti diketahui BPIH tahun 2009/1430H adalah; embarkasi Aceh 3.243 USD (dolar AS), Medan 3.333 USD, Batam 3.376 USD, Padang 3.329 USD, Palembang 3.377 USD, Jakarta 3.444 USD, Solo 3.407 USD, Surabaya 3.512 USD, Banjarmasin 3.508 USD, Balikpapan 3.544 USD, Makassar 3.575 USD. Biaya BPIH seluruh embarkasi tersebut ditambah dengan komponen rupiah sebesar Rp 100.000,- untuk biaya asuransi jemaah haji.(Ant/ICH)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s