Mediasi HDH

Lemahabang, 30 April 2010, Bagi warga kecamatan Lemahabang sudah tak asing lagi mendengar kata HDH yang merupakan singkatan dari HIDUP DIBALIK HIDUP, sebuah komunitas pengajian yang tak lazim pengajian biasanya karena dilaksanakan pada malam hari setelah isya  hingga dini hari. Aktivitas Majelis Taklim ini menyulut kemarahan warga desa Sigong Kecamatan Lemahabang dikarenakan berdasarkan fatwa MUI Kabupaten Cirebon telah dinyatakan sesat sehingga semestinya kegiatan kelompok ini dihentikan. Rupanya keinginan masyarakat ini mendapat penolakan dari kelompok HDH sehingga menimbulkan gesekan yang berujung pada situasi yang tidak kondusif dan akhirnya aparat keamanan mengamankan sementara pimpinan kelompo tersebut untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Siang harinya pukul 14.00 diadakan mediasi antara warga desa sigong yang menghendaki dibekukan seluruh kegiatan HDH ini dengan para pengikut HDH. Acara digelar di Aula Kecamatan Lemahabang dihadiri Muspika (Camat, Kapolsek, Danramil) serta MUI dan KUA. Setelah negosiasi yang panjang dengan perdebatan  sengit akhirnya disepakati 6 butir pernyataan sikap sebagai berikut :

  1. Kegiatan HDH dilaksanakan di tempat umum/terbuka seperti masjid dan musholla dan waktunya tidak boleh sampai larut malam.
  2. Selamanya kegiatan tidak boleh dilaksanakan di rumah-rumah pengikut HDH baik do sigong maupun didesa-desa lain.
  3. Untuk sementara waktu kegiatan dan pengajian HDH tidak dilaksanakan di desa sigong.
  4. Ketika menyelenggarakan kegiatan agar berkordinasi dengan pemerintah desa setempat.
  5. Ketentuan diatas berlaku untuk seluruh desa di wilayah kecamatan lemahabang
  6. Apabila terjadi pelanggaran dari ketentuan diatas maka bersedia untuk dibubarkan.

Pernyataan tersebut ditandatangani oleh perwakilan dari kedua belah pihak. Pihak desa sigong diwakili H. Saefudin Kuwu Desa Sigong dan pihak HDH diwakili oleh Rohasan selaku pimpinan HDH, disaksikan dan ditandatangai pula oleh Camat Lemahabang (Drs.Dadi Koespriadi), Kepala Polsek Lemahabang (H.Fatchurozi), Danramil Sindanglaut (Oding Setiadi). Ketua MUI Kec. Lemahabang(KH.Ichsan Azis)  dan Kepala KUA Kec. Lemahabang (Ali Wahyuddin, S.Ag).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s