Orientasi Haji 2010

Lembang, 16/04/2010. Baru beberapa hari menghirup  nafas lega sepulang diklatpim sudah dapat tugas baru berangkat ke Lembang Bandung, kali ini datang dari seksi Penyelenggara Haji dan Umrah. Nama peserta orientasi sudah ditunjuk berdasarkan surat Kanwil Kementerian Agama Prop. Jawa Barat dan tidak bisa digantikan. Walau pada saat yang bersamaan mendapat undangan untuk mengikuti Rapat Kerja Kementerian Agama Kabupaten Cirebon Tahun 2010 yang membahas evaluasi kinerja 2009 dan rencana program kerja 2011 pada tanggal 14 April 2010 bertempat di Hotel Apita Cirebon.

Ini kesempatan pertama saya pergu ke Lembang, cukup jauh juga dari terminal Bus Cicaheum, terbayang lokasi yang dingin dan pegunungan walau di bawah udara bandung sudah terasa semakin panas saja tidak seperti dulu yang masih terasa dinginnya. Grand Hotel Lembang cukup luas dan asri lingkungannya. Kegiatan ini berjudul Orientasi Penyuluhan dan Informasi Haji bagi Kepala KUA se Provinsi Jawa Barat, thema kegiatan ” Dengan Orientasi Penyuluhan dan Informasi Haji bagi Kepala KUA kita tingkatkan profesionalitas dan akuntabilitas dalam membina calon jemaah haji. Penyelenggara adalah Direktorat Jendral Penyelengaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI dengan panitia lokal dari Bidang Haji, zakat dan Wakaf Kanwil Jawa Barat. Peserta sebanyak 30 orang  terdiri dari 25 orang kepala KUA se Jawa Barat dan 5 Orang kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kanmenag Kab/Kota.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Haji, zakat dan Wakaf atas nama Kepala Kanwil dihadiri pula oleh Kasubdit Bimbingan Jama’ah dan Kasubdit Penyuluhan Haji.

Kegiatan ini bertujuan memberikan penyuluhan dan informasi terkini seputar penyelenggaraan haji agar lebih dipahami oleh masyarakat melalui Kepala KUA sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dangan masyarakat, terutama terkait dengan peran KUA sebagai penyelenggara Bimbingan Manasik Haji. Berbagai masalah terkait dengan pendaftaran haji dengan sistem baru dengan jumlah nominal pertama setoran 25.000.000. pemondokan haji, rekrutmen petugas dan pembimbing yang diwacanakan akan diadakan sertifikasi, penyelesaian dokumen paspor dan pengembalian dana paspor tahun lalu yang masih bermasalah dengan imigrasi, penyelenggaraan binsik KUA yang diproyeksikan menjadi 11x peremuan dengan biaya operasional dan konsumsi yang meningkat serta masalah fiqhiyah lain yang berkaitan dengan keabsahan ibadah haji.

Keseluruhan kegiatan ditutup pada tanggal 16 April 2010 oleh kepala Bidang Haji, zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat mengakhiri kegiatan ini yang menurut informasi dari 20 provinsi yang direncanakan baru Jawa Barat yang telah menyelenggarakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s